About

Laman web ini adalah sebuah situs multifungsi milik #KotakAjaib yang bertujuan untuk membudayakan semangat keterbukaan pemikiran, kebebasan berekspresi, dan berkreativitas – utamanya dalam bidang literasi sebagai lahan karya positif. Awalnya (di tahun 2008-2018, sebelum bermigrasi) web ini hanya berupa sebuah blog yang telah memiliki puluhan karya tulisan baik fiksi maupun non fiksi yang bertengger di alamat ini. Seiring dengan berjalannya waktu dan semakin berkembangnya pola pikir, serta produk-produk kepenulisan yang dihadirkan dari mulai sekedar blog post hingga novel-selling dan bahan bacaan lainnya, maka #KotakAjaib memutuskan untuk sedikit mengembangkan wadah karyanya menjadi sebuah small-movement yang memiliki beberapa tujuan:

  1. Menyebarkan budaya menulis sebagai lahan berkarya positif, untuk men-trigger generasi muda Indonesia dalam berkreativitas dan menyalurkan hobi sebagai lahan alternatif untuk berwirausaha (contohnya dengan menulis dan menjual buku/novel karya sendiri).
  2. Selain berkarya lewat buku/novel dan karya fiksi lainnya, #KotakAjaib juga membuka berbagai macam kesempatan bagi seluruh pembaca, yang sudi untuk mampir ke laman web ini, untuk bertukar pikiran melalui topik-topik ilmiah dengan latar belakang utama #KotakAjaib di bidang Ilmu Bahan, Teknik Material, Metalurgi, dan atau berbagai bidang lain yang menarik dan seru untuk dibahas bersama. Untuk selanjutnya dapat dijadikan sarana karya dalam membangun Indonesia melalui bidang-bidang tersebut.

Setidaknya tujuan yang besar dapat dimulai dari sebuah langkah kecil dari laman web sederhana ini. Silakan manfaatkan berbagai fasilitas dan produk informatif yang kami tawarkan di dalam laman web ini sebebas-bebasnya, tentunya dengan memperhatikan etika dan aturan-aturan dalam berinternet.

_______________________

Sekilas tentang #KotakAjaib:

Seorang pemuda bernama lengkap Rahmandhika Firdauzha Hary Hernandha. Panggilannya sehari-hari sesuai dengan nama kecilnya, Ozha. Dia berasal dari sebuah kota kecil di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah, bernama Bojonegoro. Ozha memulai pendidikan formal di kota kelahirannya. Mengawali pendidikan dasar di SDN Kadipaten I Bojonegoro, SMP Negeri 1 Bojonegoro, dan SMA Negeri 1 Bojonegoro. Sebelum pada akhirnya dia harus hijrah ke Surabaya selama empat tahun untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk selanjutnya memilih melanjutkan perjalanan pendidikannya ke pulau kecil di bagian tenggara Tiongkok. Hobinya menulis mulai dituangkan sejak bangku sekolah dasar, lewat buku-buku diary kecil yang lebih sering digunakan untuk menulis cerpen dan sajak daripada kegiatan sehari-hari. Lalu di 2008, lewat platform online bernama Blogger, dia semakin menenggelamkan diri ke dalam dunia tulis menulis melalui blog Pujangga Tanpa Inspirasi. Sebelum akhirnya memilih untuk terjun ke dunia kepenulisan lewat menerbitkan buku-buku, baik proyek bersama maupun proyek pribadinya. Berikut sekilas perjalanan studi dari Ozha:

  • Doctoral student in Materials Science and Engineering Department – National Chiao Tung University, TW 🇹🇼
    (batch 2018, on-going)
  • Master of Science (M.Sc.) from Graduate Institute of Materials Science and EngineeringNational Central University, TW 🇹🇼
    (batch 2016, graduated)
  • Bachelor of Engineering/Sarjana Teknik (ST.) from Materials and Metallurgical Engineering DepartmentInstitut Teknologi Sepuluh Nopember, ID 🇮🇩
    (batch 2012, graduated)

Dan berikut adalah beberapa buku yang pernah ia rilis sejak tahun 2015:

#KotakAjaib Web Page
THINK | DISCUSS | SHARE