Ikhtiar I: WARNA KARYA Sebagai Bagian dari PPI Taiwan

PROLOG
Untuk mengajak rekan pewarna dalam gerakan WARNA KARYA, salah satunya adalah memanfaatkan sebuah platform pergerakan milik para pegiat pengabdian dari Indonesia di pulau Formosa.
Apakah itu? Yuk kenalan…

PPI Taiwan adalah sebuah organisasi yang berdiri sejak 2 Mei 2010 lewat deklarasi di kampus Chung Yuan Christian University (CYCU), Zhongli, Taiwan (R.O.C.). Secara usia PPI Taiwan terhitung baru satu dasawarsa di tahun 2020 nanti, bahkan tak jarang keberadaannya mengundang tanda tanya dari para pendahulunya: para PPI kampus atau PPI kota yang lebih dahulu ada, apa sih fungsinya?
Padahal jelas sekali bahwa sejak eranya mas Alief Wikarta, mas Ramzi Adriman, mas Rangga Aditya Elias, mas Dedi Fazriansyah Putra, mas Iman Adipurnama, mas Pitut Pramuji, mas Lalu Tri Wijaya Nata Kusuma, hingga mas Sutarsis yang menjabat di usia kedelapan dari organisasi ini, membawa semangat (tujuan) yang sama sesuai dengan Anggaran Dasar PPI Taiwan BAB III Pasal 9, yaitu:

  • Menjalin dan mempererat persaudaraan, persatuan, dan kesatuan seluruh pelajar Indonesia di Taiwan dalam berbagai kegiatan akademik, sosial, dan budaya.
  • Mewujudkan komunitas ilmiah yang profesional, kreatif, inovatif, dan berbudi pekerti luhur.
  • Berperan aktif sebagai duta bangsa untuk meningkatkan citra dan nama baik Indonesia di lingkungan masyarakat internasional melalui prestasi dan kegiatan ilmiah, sosial, dan budaya.
  • Meningkatkan hubungan kerja sama dan kemitraan yang baik dengan organisasi dan komunitas Indonesia lainnya baik yang berada di dalam maupun di luar Taiwan; untuk pelajar dan masyarakat di Taiwan pada khususnya, serta pelajar dan masyarakat di luar Taiwan pada umumnya.

Yang akhirnya, berdasarkan sebuah kajian yang scientific dan sedikit rumit, sehingga menelurkan sebuah Analisis Kondisi Organisasi PPI Taiwan (pernah dipaparkan pada forum Sidang PPI Taiwan 2018). Dari hasil kajian tersebut, PPI Taiwan merupakan sebuah organisasi yang progresif dan siap berkembang. Bukan lagi masanya PPI Taiwan hanya mengurusi bagian internal organisasinya, sudah satu dasawarsa berlalu, internal organisasi PPI Taiwan telah tiba pada masa-masa akil baligh. Kini saatnya rekan pewarna diajak untuk berekspansi, menularkan semangat positif yang bisa menjadi label dalam WARNA KARYAnya.

Semangat WARNA KARYA lewat ikhtiar pertamanya.

Lalu, apa yang kami tawarkan dalam pergerakan bersama rekan pewarna? Yuk intip programnya!
Kami membagi program berdasarkan cluster-cluster konkret yang dapat menjadi acuan bersama.

1. Media Activity Center

Pengelolaan seluruh media sosial resmi PPI Taiwan sebagai sarana komunikasi, baik antarelemen internal maupun internal-eksternal oleh biro Kominfo, bidang Komunikasi, Informasi, dan Media Kreatif
(berkolaborasi dengan seluruh bidang lainnya).

2. Information in Creative Platforms

Upaya penyebaran informasi dari PPI Taiwan dengan menggunakan media-media kreatif dan kekinian, baik berupa tulisan, meme interaktif, infografis, videografis, dll, oleh biro Med-Kraf, bidang Komunikasi, Informasi, dan Media Kreatif.
(berkolaborasi dengan Badan Otonom Yin Ni Hao PPI Taiwan).

3. Student Research Incubator

Usaha untuk menjaring, menghimpun, serta menciptakan atmosfer diskusi kreatif dari topik riset, judul-judul thesis/disertasi, serta publikasi yang telah dihasilkan oleh mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di negeri Formosa, oleh biro Akademik, bidang Akademik, Sosial, dan Pengabdian Masyarakat.
(berkolaborasi dengan seluruh mahasiswa Indonesia yang ada di Taiwan, beserta alumni).

4. Student and Indonesian Worker Social Gatherings

Pengadaan forum-forum diskusi dan silaturrahim yang dilakukan oleh mahasiswa Indonesia di Taiwan untuk meningkatkan hubungan baik dengan masyarakat Indonesia, terutama Pekerja Migran Indonesia di Taiwan, sebagai upaya pengabdian masyarakat yang digawangi oleh biro Sos-Peng-Mas, bidang Akademik, Sosial, dan Pengabdian Masyarakat.
(berkolaborasi dengan Badan Otonom PKBM PPI Taiwan, dan secara otomatis juga dengan Yayasan Pendidikan PPI Taiwan, maupun Badan Otonom Universitas Terbuka – PPI Taiwan).

5. Collaborative Sports and Cultural Events

Pelestarian budaya silaturrahim antarmahasiswa melalui kompetisi olah raga serta upaya mendukung program kerja pilihan bernuansa sosial-budaya yang dimiliki oleh PPI kampus/kota, untuk meningkatkan citra dan nama baik Indonesia di lingkungan masyarakat internasional. Bidang Kreativitas dan Kebudayaan akan berperan sebagai steering committee.
(berkolaborasi dengan PPI kampus/kota yang akan dimusyawarahkan bersama sebagai host kepanitiaan program).

6. ISL Pro: Indonesian Student Literation Products

Program kerja ikonik dari WARNA KARYA yang dapat dijadikan upaya branding positif, sekaligus menghadirkan produk peninggalan (legacy) untuk bangsa Indonesia dari mahasiswa Indonesia di Taiwan, melalui tulisan-tulisan yang dipublikasikan di media massa, serta terbitnya satu buku karya bersama di akhir kepengurusan demi menyongsong usia satu dekade PPI Taiwan pada tahun 2020 (hari jadi PPI Taiwan: 2 Mei 2010, sesuai AD PPI Taiwan BAB II Pasal 4 ayat 1). Digawangi oleh bidang Kajian dan Literasi.
(berkolaborasi dengan seluruh mahasiswa Indonesia yang ada di Taiwan dengan mekanisme seleksi karya).

Penasaran detailnya? Nih, kukasih gambaran presentasinya ya!

Warna-Karya_PPT-upload

Tuh, sudah cukup kenal dengan gerakan WARNA KARYA?
Yuk segera mempersiapkan diri untuk bergabung bersama kami. Oh iya, kalau para rekan pewarna ada yang masih belum tahu apa visi WARNA KARYA dan core value yang dibawa, silakan langsung menuju laman ini (<<click here) ya!!!

EPILOG
Untuk tahu detailnya, yuk ngobrol bersama Rahmandhika Firdauzha Hary Hernandha lewat sosial medianya!
IG:
@ozhahernandha
Twitter:
@_Ozha
Atau hubungi di akun-akun yang tersemat di laman
contact dari website ini ya…

Salam WARNA KARYA!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *